BKD Menyusun Daftar Formasi Penerimaan CPNS 2018 Kepada Menpan

BKD Menyusun Daftar Formasi Penerimaan CPNS 2016 Kepada MenpanCPNS BALANGAN : Bulan ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Balangan sedang menyusun daftar kebutuhan jumlah dan formasi terkait rencana dilaksanakannya penerimaan CPNS yang akan diadakan tahun 2016.

Sebagai catatan bahwa pemerintah menegaskan kalau tahun 2017 lalu  tidak terdapat pembukaan penerimaan CPNS secara menyeluruh dikarenakan adanya kebijakan moratorium sehingga BKD diharapkan tahun ini menganalisis dan menyusun daftar kerja dan juga jabatan tiap-tiap formasiCPNS yang akan dibuka. Setelah itu dibuat berbentuk sebuah aplikasi yang dapat dijalankan dengam sistem elektronik(e-formasi).
Seperti yang terdapat pada nomor surat B/2163/M.PAN-RB/06/2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi ), menurut Kepala Bidang Pengadaan Pengembangan Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Balangan Rahmi, mengatakan analisis jabatan dan beban kerja dilakukan oleh bagian keorganisasian, setelah selesai baru diserahkan ke BKD untuk dikirim ke Menpan.
"Tahun 2018 harus lebih selektif lagi, terutama soal kebutuhan yang berkaitan dengan kouta, jika tahun 2017 masih melalui dokumen, tetapi tahun depan harus sesuai dengan anlisis jabatan dan beban kerja, oleh sebab itu tidak bisa sembarangan," katanya saat ditemui BPost.

Adapun keunggulan dari eformasi adalah dapat memuat data seperti peta jabatan yang sesuai dengan hasil analisis jabatan, berapa jumlah kebutuhan pegawai menurut analisis beban kerja, jumlah riil PNS, perkiraan PNS yang akan berhenti atau pensiun, berapa jumlah PNS yang mutasi, PNS yang meninggal dan kekurangan serta kelebihan pegawai negeri sipil.

Masih menurut Rahmi, jadwal pengumuman dan penyusunan formasi CPNS 2018 dimulai bulan November 2018 khusus untuk Kabupaten Balangan dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk mendapatkan kisi-kisi CPNS 2015 dianjurkan untuk mendaftar di Cpnsonline Indonesia (Baca disini) selain soal yang selalu diupdate setiap tahunnya juga sudah tersedia soal dalam bentuk sistem CAT (Computer Asissted Test) resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)
Editor : Calvin Nainggolan
Silahkan Berikan Tanggapan dan Saran Anda Atas Berita Ini!